Thursday, January 10, 2013


Bagaimana cara membersihkan kulkas? Apa saja pantangan dalam menggunakan dan membersihkan kulkas? Sebaiknya kulkas diletakkan dimana? Baca panduan berikut untuk menjaga kulkas Anda tetap awet.
Bagi Anda yang baru atau akan membeli kulkas, simpanlah kartu garansi produk dengan baik. Lakukan petunjuk dan perhatikan larangan yang tertera dalam buku panduan. Dengan demikian, saat kulkas Anda Rusak, klaim garansi Anda dapat diterima tanpa masalah.

1. Hindari membuka pintu kulkas terlalu lama dan jaga agar pintu menutup rapat
Pintu kulkas yang terbuka terlalu lama membuat udara dingin banyak berhembus keluar, sehingga mesin bekerja lebih keras dari kondisi normal.

2. Masukkan makanan-minuman secukupnya, tidak berlebihan
Memenuhi kulkas hingga sesak akan memperberat bebankerja mesin dalam mendinginkan kulkas.

3. Hendaknya tidak memasukkan makanan yang masih panas
Jika ingin menyimpan makanan di dalam kulkas, sebaiknya tidak dalam suhu panas, misalnya langsung dari kompor. Tunggulah hingga suhunya tidak panas.

4. Atur temperatur kulkas sesuai kebutuhan (sesuai setting yang direkomendasikan)
Jangan mengeset temperatur lemari es terlalu dingin jika tak perlu agar mesin pendingin tidak dipaksa "bekerja rodi". Dengan demikian dapat menghemat biaya listrik.
5. Bersihkan kulkas dengan spons atau lap lembut dan air hangat
Jika terdapat kembung es/ batu es di dinding kulkas, jangan dihancurkan dengan benda tajam atau benda keras. Cukup matikan kulkas, buka pintu kulkas, lalu tunggu hingga es mencair.
6. Jauhkan kulkas dari sumber panas
Sumber panas misalnya kompor dan sinar matahari. Posisikan lemari es pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan pula menempel pada tembok. Jarak minimalnya 15-20 c, dari dinding.

7. Bersihkan kulkas secara berkala
Biasanya pada bagian belakang kulkas, yaitu kondensor dan lainnya banyak debu dan kotoran yang menempel. hal ini menyebabkan mesin lemari es mudah melepas kalor (panas).
8. Bersihkan pula freezer ketika bunga es mulai banyak
Freezer sekali-sekali dibersihkan dengan melelehkan kembang es sehingga keseimbangan suhu di dalam kulkas tetap terjaga.
(Sumber : Tabloid Rumah)

0 komentar: