Monday, October 14, 2013

Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Untuk para sahabat muslim barang kali ada yang lupa niat puasa sunnat Tarwiyah dan Arafah kita akan membagikan bacaan niatnya dalam bahasa arab, kedua puasa ini merupakan salah satu puasa sunah yang sangat di anjurkan supaya kita dapat merasakan apa yang dirasakan oleh para jama'ah haji adapun khasiat dan keutamaan dari puasa sunah Tarwiyah dan Arafah ini yaitu dapat menghapus dosa kita setahun kebelakang dan setahun kedepan.
Menurut kalender islam, puasa sunat ini dilaksanakan 2 hari sebelum tanggal 10 Dzulhijjah (Idul Adha) atau biasa dikenal dengan lebaran haji yaitu tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah. Tanggal 8 Dzulhijah dinamakan puasa Tarwiyah dan tanggal 9 Dzulhijah dinamakan puasa Arafah.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai puasa sunah ini.

    Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah yaitu hari pada saat jama'ah haji melakukan wukuf di padang Arafah.
    Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyah yakni 8 Dzulhijjah, hari sebelum hari wukuf.


BACAAN DO'A NIAT PUASA TARWIYAH

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA TARWIYAH SUNNATAN LILLAHI TA'ALAH
“ Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”


BACAAN DO'A NIAT PUASA ARAFAH

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA ARAFAH SUNNATAN LILLAHI TA'ALAH
“ Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala.”

Bagaimana sobat sudah tahu dan sudah hapal dengan niat kedua tersebut, silahkan di laksanakan puasanya dan semoga di terima amalan puasanya serta mendapatkan pahala dan ridho dari Alloh swt. amin

0 komentar: